.. Kurikulum Madrasah ~ MIN 1 TIDORE

Kurikulum Madrasah

 

MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TIDORE

 
 KURIKULUM MADRASAH 

Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas Islam banyak menarik perhatian oleh berbagai kalangan terutama para pemerhati Pendidikan. Ketertarikan para pemerhati pendidikan ini disebabkan oleh banyak hal di antaranya;
1) posisi madrasah sangat strategis dan vital dalam membina generasi.bangsa yang jumlah peserta           didiknya sangat signifikan; 
2) Secara kuantitas, madrasah di Indonesia baik negeri maupun swasta mengalami peningkatan yang cukup signifikan dan menyebar di seluruh wilayah Republik Indonesia dan 
3) Adanya anggapan bahwa madrasah seakan-akan tersisih dan termarginalkan dari mainstrem pendidikan nasional dan dianggap sebagai pendatang baru yang dianggap banyak mengalami masalah dalam hal mutu, menagemen dan kurikulum. 
Di sisi lain, perubahan yang besar terjadi di sekitar pendidikan Islam, yang mau tidak mau, madrasah harus menghadapinya dan mengharuskan terjadinya perubahan agar pendidikan Islam termasuk madrasah menjadi salah satu alternatif pilihan atau bahkan menjadi pilihan utama oleh masyarakat Indonesia. Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang lahir dari, dan untuk masyarakat harus secepat mungkin melakukan pembenahan diri dalam menjawab tuntutan masyarakat dan dunia. Untuk merespon tuntutan masyarakat dan menjaga jati diri madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam yang berkualitas dan memiliki ciri khas Islam, menurut Malik Fajar (2004 : 8) madrasah harus mengembangkan progran seperti ; memberikan nuansa Islam atau spritualisasi bidang studi umum, pengajaran bidang studi agama Islam yang bernuansa IPTEK dan menciptakan suasana keagamaam di madrasah terutama dalam pembelajaran mafikibi (matematika, fisika, kimia dan biologi) yang agamis dalam perilaku siswa. Lebih jauh, Malik Fajar mengatakan bahwa madrasah dapat menjadi pendidikan alternatif jika memenuhi empat tuntutan yaitu; kejelasan cita-cita dengan langkah yang operasional dalam usaha mewujudkan cita-cita pendidikan Islam, memberdayakan kelembagaan dengan menata kembali sistemnya, meningkatkan dan memperbaiki menagemen dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). 
Sementara itu, menurut Husni Rahim bahwa ada empat agenda besar yang perlu dilakukan madrasah agar segera menjadi madrasah unggul dan dambaan masyarakat yaitu ketersediaan tenaga pengajar yang profesional, kelengkapan sarana dan prasarana, adanya penanganan dengan sistem managemen profesional (modern, transparan dan demokratis) dan adanya kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IKLAN 1

iklan 2

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Mengenai Saya

Foto saya
Saya Muhammad Hi Ibrahim

MATERI FIKIH DIKLAT PJJ

 

iklan mantap

Recent Posts

Menu

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.