MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TIDORE
KURIKULUM MADRASAH
Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas Islam
banyak menarik perhatian oleh berbagai kalangan terutama para pemerhati
Pendidikan. Ketertarikan para pemerhati pendidikan ini disebabkan oleh banyak
hal di antaranya;
1) posisi madrasah sangat strategis dan vital dalam membina
generasi.bangsa yang jumlah peserta didiknya sangat signifikan;
2)
Secara kuantitas, madrasah di Indonesia baik negeri maupun swasta mengalami
peningkatan yang cukup signifikan dan menyebar di seluruh wilayah Republik
Indonesia dan
3) Adanya anggapan bahwa madrasah seakan-akan tersisih dan
termarginalkan dari mainstrem pendidikan nasional dan dianggap sebagai pendatang
baru yang dianggap banyak mengalami masalah dalam hal mutu, menagemen dan
kurikulum.
Di sisi lain, perubahan yang besar terjadi di sekitar pendidikan
Islam, yang mau tidak mau, madrasah harus menghadapinya dan mengharuskan
terjadinya perubahan agar pendidikan Islam termasuk madrasah menjadi salah satu
alternatif pilihan atau bahkan menjadi pilihan utama oleh masyarakat Indonesia.
Madrasah sebagai lembaga pendidikan yang lahir dari, dan untuk masyarakat harus
secepat mungkin melakukan pembenahan diri dalam menjawab tuntutan masyarakat
dan dunia. Untuk merespon tuntutan masyarakat dan menjaga jati diri madrasah
sebagai lembaga pendidikan Islam yang berkualitas dan memiliki ciri khas Islam,
menurut Malik Fajar (2004 : 8) madrasah harus mengembangkan progran seperti ;
memberikan nuansa Islam atau spritualisasi bidang studi umum, pengajaran bidang
studi agama Islam yang bernuansa IPTEK dan menciptakan suasana keagamaam di
madrasah terutama dalam pembelajaran mafikibi (matematika, fisika, kimia dan
biologi) yang agamis dalam perilaku siswa. Lebih jauh, Malik Fajar mengatakan
bahwa madrasah dapat menjadi pendidikan alternatif jika memenuhi empat tuntutan
yaitu; kejelasan cita-cita dengan langkah yang operasional dalam usaha
mewujudkan cita-cita pendidikan Islam, memberdayakan kelembagaan dengan menata
kembali sistemnya, meningkatkan dan memperbaiki menagemen dan peningkatan
Sumber Daya Manusia (SDM).
Sementara itu, menurut Husni Rahim bahwa ada empat
agenda besar yang perlu dilakukan madrasah agar segera menjadi madrasah unggul
dan dambaan masyarakat yaitu ketersediaan tenaga pengajar yang profesional,
kelengkapan sarana dan prasarana, adanya penanganan dengan sistem managemen
profesional (modern, transparan dan demokratis) dan adanya kurikulum yang
sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar