SEJARAH
KEBUDAYAAN ISLAM
1.
Identitas Madrasah |
|
Nama Madrasah Kelas /Semester Alokasi Waktu Tahun Pelajaran |
:
MIN 1 Tidore :
IV/1 :
2 Jampel :
2023/2024 |
2.
Target Peserta Didik |
Perangkat ajar
ini digunakan untuk
siswa 15 sd 20 orang perkelas). Peserta didik yang mengalami
kesulitan belajar ditangani dengan
teknik bimbingan individu atau
menggunakan tutor sebaya untuk membimbing peserta
didik sehingga dapat mencapai capaian
pembelajaran |
Moda
Pembelajaran |
Luring |
1.
Fase |
B |
|
2.
Capaian Pembelajaran |
A. Priode Rasulullah Peserta didik mampu
memahami kehidupan masyarakat Arab sebelum Islam
sebagai inspirasi dalam menjalankan sikap kasih sayang,
kerja keras, dan tanggungjawab
dalam kehidupan sehari-hari. Memahami kehidupan dan kepribadian Rasulullah saw. sebagai
rahmat bagi seluruh alam dan
menjadikannya inspirasidalam menjalankan sikap santun dan peduli di kehidupan masa kini. Memahami peristiwa kerasulan Rasulullah saw., ketabahan Rasulullah saw. dan para
sahabat dalam berdakwah, peristiwa hijrah Rasulullah
saw, dan menganalisis latar
belakang peristiwa Isra Mikraj Rasulullah saw. sebagai inspirasi dalam menjalankan sikap
gigih menghadapi tantangan era digital |
|
3.
Tujuan Pembelajaran |
Menganalisis ketabahan Rasulullah saw. dan para sahabat
sebagai teladan pribadi muslim yang tangguh,
sabar dan istiqamah |
|
4. Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik
dapat mengamati masa awal dakwah nabi Muhammad saw dan para sahabat 2. Peserta didk
dapat memahami dakwah secara sembunyi –sembunyi 3. Peserta didik dapat memahami dakwah secara
terang-terangan 4.
Peserta didik
menyusun pertanyaan dan melakukan penyelidikan tentang latar belakang dakwah nabi Muhammad
saw dan para sahabat 5.
Peserta didik
menyusun pertanyaan dan melakukan penyelidikan tentang kronologi dakwa secara sembunyi-sembunyi 6.
Peserta didik
mendiskusikan hasil amatan
dan menyajikan hasil diskusi
melalui maping tentang latar belakang dakwa Nabi Muhammad saw |
|
5. Kompetensi Awal |
1. Peserta didik
dapat menagalisi latar belakang dakwah nabi uhammad saw 2. Peserta didik
memahami kronologi dakwah secara sembunyi –sembunyi dan secara terang - terangan |
|
6.
Profil Pelajar Pancasila |
Beriman, Bertakwa kepadaAllah Swt., Berakhlak Mulia, Bernalar Kritis dan Bertanggung jawab |
|
7. Profil pelajar Rahmatanlil’Alamin |
a.
Keteladanan (Qudwah) b.
Berkeadaban (Ta’aduub) |
8. Pertayaaan Pemantik
1.
Bagaimana latar belakang dakwah nabi Muhammad saw dan
para sahabat
2.
Bagaimana dakwah nabi secara sembunyi – sembunyi dan
terang –terangan
a.
Memastikan semua
sarana prasarana, alat,
dan bahan tersedia
b.
Memastikan kondisi
kelas kondusif
c.
Mempersiapkan lembar kerja pesertadidik
10. Metode
a.
Ceramah
b.
Tanya jawab
c.
Diskusi
11. Materi Pembelajaran
A.
Masa
Awal Dakwah Nabi Muhammad Saw. dan para Sahabat
Alangkah
ramainya kota Mekah pada waktu musim haji. Berjuta-juta Kaum Muslimin
menunaikan ibadah haji. Mereka berasal dari penjuru dunia tidak terkecuali dari
Indonesia. Adakah bapak Ibu atau saudara kamu yang sudah menunaikan Ibadah
haji? Alangkah mudah dan lancar sekarang Kaum Muslimin menjalankan Ibadah di
kota Mekah.
Tahukah
kamu dulu Nabi Muhammad Saw. di awal dakwahnya menyiarkan agama Islam banyak
tantangan dan hambatan dari kaum Kafir Quraisy Mekah? Nabi Muhammad Saw. dan
para sahabat dengan tabah menghadapinya.
1.
Dakwah
secara Sembunyi-sembunyi
Nabi
Muhammad Saw. mulai berdakwah di Mekah setelah turun wahyu yang kedua yaitu
Surah Al-Muddasir ayat 1-7. Dalam ayat ini, Allah Swt. memerintahkan Nabi
Muhammad Saw. untuk berdakwah. Diawal dakwahnya hanya terbatas kepada
keluarganya dan dilakukan secara sembunyi-sembunyi di rumah Arqam bin Abil
Arqam. Mereka yang masuk Islam dalam dakwah secara sembunyi-sembunyi adalah :
a. Khadijah binti Khuwalid
b. Ali bin Abi Thalib
c. Abu Bakar
d. Utsman bin Affan
e. Zubair bin Awwam
f. Abdurrahman
bin Auf
g. Sa’ad bin Abi Waqqas
h. Thalhah bin Ubaidillah
i. Abu
Ubaidah bin Jarrah
j. Arqam
bin Abil Arqam
k.
Ummu Aiman
l.
Zaid bin Haritsah
Mereka mendapat pengajaran agama Islam langsung dari Nabi Muhammad Saw. dan merupakan orang-orang yang pertama masuk Islam atau disebut Assabiqunal Awwalun.
2. Dakwah secara Terang-terangan
Selama tiga tahun
lamanya Nabi Muhammad Saw. menjalankan dakwah secara sembunyi-sembunyi. Suatu
hari Rasulullah Saw. mendapat perintah untuk berdakwah secara terang-terangan.
Yaitu dengan turunnya Surah Al-Hijr ayat 94
Artinya:
Maka sampaikanlah olehmu secara
terang-terangan segala apa yang diperintahkan (kepadamu) dan berpalinglah dari
orang-orang yang musyrik.” (QS. Al-Hijr[15]:94) Pertama yang dilakukan Nabi
Muhammad Saw. dalam dakwah secara terangterangan adalah mengumpulkan dalam
jamuan makan para kerabatnya dan orangorang terpandang dari kaum Quraisy.
Mereka diajak untuk menyembah Allah Swt., berbuat baik terhadap sesama dan
tidak boleh saling bermusuhan. Hanya sebagian kecil yang menerima ajakan Nabi
Muhammad Saw. dan sebagian besar menolaknya. Termasuk paman Nabi yang bernama
Abu Lahab secara keras menolak bahkan mengancam akan memusuhi Nabi Muhammad
Saw. apabila meneruskan dakwahnya. Nabi Muhammad Saw. walaupun mendapat
tantangan dan ancaman, beliau tetap tabah dan tidak putus asa.
12. Sarana dan Prasarana
a.
laptop, Infokus
,papan tulis , spidol atau media
lain
b.
al-Qur’an dan Terjemahnya
c.
Kondisi kelas yang kondusif
13. Sumber belajar
a.
Sumber belajar:
1)
Bahren Ahmadi.
2020. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: Kementerian Agama
RI
2) Syaein NS dan ImuMuhayadi. 2017. Sejarah Kebudayaan Islam.
Jakarta: PustakaMulia
3) Tim Karya
Guru Indonesia dan. 2019. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta:
PustakaMulia
b.
Sumber belajar lain yang relevan:
1)
PPT Sejarah Kerasulan Nabi Muhammad Saw. (dibuat oleh guru)
Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1) |
Pendahuluan 1.
Salam, doa,
cek kehadiran, 2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, cakupan materi, langkah-langkah pembelajaran dan tehnik
penilaian 3.
Apersepsi 1. Peserta didik membaca materi
yang disajikan melalui power point interaktif tentang Masa Awal Dakwah Nabi Muhammad Saw. dan para Sahabat 2. Peserta didik membaca materi
yang disajikan melalui power point interaktif tentang dakwah secara sebunyi –bunyi 3. Peserta didik
membaca materi yang disajikan melalui power point interaktif tentang dakwah secara terang –terangan 4. Peserta didik
menyampaikan materi yang dipahami secara lisan 5. Guru dan peserta didik
mengkomunikasikan materi 6. Peserta didik
membuat kesimpulan Penutup 1.
Guru dan peserta didik
membuat kesimpulan 2.
Guru dan
peserta didik melakukan refleksi 3.
Guru memberikan tugas dan menyampaikan materi pada pertemuan berikutnya |
Diferensiasi:
1.
Untuk peserta didik yang
memiliki kemampuan cepat dalam belajar, bisa mengeksplorasi materi ini lebih jauh, disarankan untuk membaca materi yang
relevan
2. Guru dapat menggunakan alternatif metode dan media pembelajaran sesuai dengan kondisi
masing-masing agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (joyfull learning) sehingga tujuan
pembelajaran bisa tercapai
3. Untuk peserta didik yang
kesulitan belajar dalam materi ini, disarankan untuk belajar kembali dari berbagai referensi dan
literatur lain yang relevan. Pada pembelajaran di dalam dan atau di luar kelas sesuai kesepakatan antara guru
dengan peserta didik. Peserta didik juga disarankan untuk belajar kepada
teman sebaya.
1.
Asesmen non kognitif
berupa instrumen sikap
2.
Asesmen keterampilan berupa pembuatan produk maping
3.
Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif), berupa test tertulis (terlampir)
16. Pengayaan dan Remedial
a.
Pengayaan diberikan pada peserta didik
dengan capaian tinggi agar mereka
dapat mengembangkan
potensinya secara optimal.
Materi pengayaan:
Lakukan pengamatan
di sekitarmu tentang prilaku dakwah
dalam kehidupan sehari –hari
No |
Hari dan
Tanggal |
Materi
dakwah |
Perilaku |
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
Remedial diberikan
kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi
atau pembelajaran mengulang
Refleksi Peserta
Didik |
: |
Peserta
didik diajak untuk melakukan refleksi terkait seluruh proses belajar
yang sudah dialami a.
Materi apa yang sudah
kalian fahami? b.
Materi apa yang menarik
bagi kalian? c.
Materi apa yang belum
kalian fahami? d.
Masihkah ada kesulitan dalam
memahami materi? e.
Apa
yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu? f.
Jika diminta
untuk memberikan bintang
1 sampai 5, berapa bintang
akan kamu berikan
pada usaha yang telah
dilakukan? |
Refleksi
Guru |
|
Refleksi diri berupa pertanyaan pada diri sendiri Peserta
didik diajak untuk melakukan refleksi terkait seluruh proses belajar
yang sudah dialami a.
Materi apa yang sudah
kalian fahami? b.
Materi apa yang menarik
bagi kalian? c.
Materi apa yang belum
kalian fahami? d.
Masihkah ada kesulitan dalam
memahami materi? e.
Apa
yang akan kamu lakukan untuk memperbaiki hasil belajarmu? f.
Jika diminta
untuk memberikan bintang
1 sampai 5, berapa bintang
akan kamu berikan
pada usaha yang telah
dilakukan? |
Mengetahui
Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran
Faujia Kama,S.Pd.I Muhammad
Hi Ibrahim
NIP.197208101999032001 NIP.
197005042002121001
Sangat membantu bagi saya.terima kasih
BalasHapusAl hamdulillah sangat bermanfaat bagi saya.syukron
BalasHapus